Hello! Comments Pictures
Click Here to Get More Images @ MyNiceProfile.com

Rabu, 24 April 2013

Kepemimpinan dan Kewirausahaan



Kepemimpinan.     

     Dari akar kata “pimpin” kita mengenal kata “pemimpin” dan “kepemimpinan”. Harus berbagi nilai-nilai, sikap dan kepentingan kelompok, bahwa kualitas pemimpin itu lebih tinggi dari parapengikutnya, akan tetapi tetap bersifat komunikatif dengan yang dipimpinnya. pemimpin sebagai subjek, dan yang dipimpin sebagai objek. Kata pimpin mengandung pengertian mengarahkan, membina atau mengatur, menuntun dan juga menunjukkan ataupun mempengaruhi. Pemimpin mempunyai tanggung jawab baik secara fisik maupun spiritual terhadap keberhasilan aktivitas kerja dari yang dipimpin, sehingga menjadi pemimpin itu tidak mudah dan tidak akan setiap orang mempunyai kesamaan di dalam menjalankan kepemimpinannya. Kepemimpinan muncul sejalan dengan peradaban manusia. Pemimpin dan kepemimpinan selalu diperlukan dalam setiap masa. Syarat kepemimpinan ialah selalu dikaitkan dengan kekuasaan, kewibawaan, dan kemampuan. Pemimpin mempunyai sifat, kebiasaan, temperamen, watak dan kepribadian sendiri yang khas, sehingga tingkah laku dan gayanya berbeda dari orang lain. 
Seorang akan menjadi pemimpin yang efektif, apabila:
  • Hubungan atasan dan bawahan dikategorikan baik
  • Tugas yang harus dikerjakan bawahan disusun pada tingkat struktur yang tinggi
  • Posisi kewenangan pemimpin tergolong kuat
Sebagian para ahli menuturkan bahwa;
  • Bell, dkk: pemimpin formal, pemimpin reputasi, pemimpin sosial, Dan berpengaruh pemimpin.
  • Kincheloe: Nabi atau Rasul juga termasuk pemimpin publik, yang memiliki kemampuan yang sangat menonjol yang membedakannya dengan pemimpin bukan Nabi atau Rasul, yaitu dalam hal membangkitkan keyakinan dan rasa hormat pengikutnya untuk dengan sangat antusias mengikuti ajaran yang dibawanya dan meneladani semua sikap dan perilakunya.
     Tipe kepemimpinan akan identik dengan gaya kepemimpinan seseorang. Tipekepemimpinan yang secara luas dikenal dan diakui keberadaannya adalah:
  • Tipe Demokratik: Seorang pemimpin yang demokratik melihat bahwa dalam perbedaan sebagai kenyataan hidup, harus terjamin kebersamaan
  • Tipe Kharismatik: Seorang pemimpin yang kharismatik memiliki karakteristik yang khas yaitu daya tariknya yang sangat memikat sehingga mampu memperoleh pengikut Teori yang sangat besar dan para pengikutnya tidak selalu dapat menjelaskan secara konkret mengapa orang tertentu itu dikagumi.
  • Tipe Laissez Faire: Persepsi seorang pemimpin yang laissez faire melihat perannya sebagai polisilalu lintas, dengan anggapan bahwa anggota organisasi sudah mengetahui dancukup dewasa untuk taat pada peraturan yang berlaku. Seorang pemimpin yang laissez faire cenderung memilih peran yang pasif dan membiarkanorganisasi berjalan menurut temponya sendiri
  • Tipe Otokratik: Seorang pemimpin otokratik adalah seorang yang egois.
  • Tipe Paternalistik: Pemimpin paternalistik menganut nilai organisasional yang mengutamakan kebersamaan.
Kewirausahaan.

     Wirausaha adalah orang yang gagah berani atau perkasa dalam usaha seendiri Wirausaha adalah orang-orang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai kesempatan-kesempatan bisnis, menyimpulkan sumber-sumber daya yang dibutuhkan guna mengambil keuntungan dari padanya dan mengambil tindakan yang tepat, guna memastikan sukses. Para wirausaha adalah individu-individu yang berorientasi kepada tindakan dan bermotivasi tinggi yang mengambil resiko dalam mengejar tujuan. 
     Bersifat fleksibel dan imaginatif, Mampu merencanakan, mengambil keputusan-keputusan dan tindakan untuk mencapai suau tujuan. Keberhasilan sebagai seorang wirausaha tergantung kepada kesediaan anda untuk bertanggung jawab atau pekerjaan anda sendiri. Sikap mental yang tepat terhadap pekerjaan sangatlah penting. Para wirausaha yang berhasil menikmati pekerjaan mereka dan berdedikasi total terhadap apa yang mereka lakukan. Sikap mental positif mereka mengubah pekerjaan mereka menjadi pekerjaan yang menggairahkan, menarik dan memberi kepuasan.
     Banyak orang yang menjalani hidup sambil berharap akan terjadi perubahan hidup baru atau dapat mengerjakan pekerjaan jenis lain. Kebanyakan orang lain mengubah situasi hidupnya, namun hanya sedikit yang mengambil tindakan ke arah itu. Hanya sedikit orang yang bersedia mengambil resiko untuk mengubah hidup mereka menjadi lebih baik. Orang-orang ini bersifat wirausaha, karena mereka memakai kesempatan orang yang selalu berubah dan berkembang. Mempunyai sikap-sikap positif dan citra diri yang sehat, penting bagi semua wirausaha.

Nama   : Lia Nur Islami
NPM   : 14611093
Kelas    : 2sa04


Sumber:


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar