Hello! Comments Pictures
Click Here to Get More Images @ MyNiceProfile.com

Kamis, 12 April 2012

Berenang Bersama Ikan Mola-Mola di Bali


SURGA bawah air di Pulau Bali mungkin masih belum terlalu terkenal di kalangan para penyelam seperti Bunaken, Raja Ampat, dan Wakatobi. Namun, keindahan bawah laut di Bali ternyata mempunyai satu keunikan khusus yang menjadi daya tarik bagi wisatawan penyelam.
 
Ikan mola-mola (Foto: Triptourism)
Di Nusa Penida, Bali, ada satu hewan laut yang fenomenal dan menjadi ikon bagi kota ini, hingga menarik banyak penyelam untuk datang dan melihatnya. Hewan tersebut adalah ikan mola-mola. Ikan ini adalah ikan dengan tulang terberat, yaitu sebesar 1.000 kilogram bagi ikan dewasa. Ikan mola-mola ini juga mempunyai bentuk yang aneh, yaitu pipih dengan sirip di atas dan di bagian bawah tubuhnya, serta bentuk ekor yang aneh. Makanan utama dari ikan mola-mola ini adalah ubur-ubur, dan ikan ini gemar berenang di kedalaman 600 meter di bawah permukaan laut beriklim tropis. Demikian yang dilansirTriptourism, Selasa (29/11/2011).
 
Banyak penyelam yang datang ke Nusa Penida khusus untuk melihat ikan ini. Namun, tidak semua yang telah menyelam dapat melihat ikan ini. Banyak penyelam mancanegara yang bersedia membayar mahal pemandu apabila mereka berhasil melihat ikan mola-mola ini. Namun memang hanya yang beruntung yang dapat melihat ikan unik ini.
 
Ikan mola-mola kerap muncul di perairan Nusa Penida sekira Juni hingga Oktober, di tempat yang khusus dinamakan para penyelam sebagai Blue Corner dan Cristal Bay. Ikan ini umumnya muncul dua hingga delapan ekor.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar